RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : Kejuruan Pemesinan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 1 – 5
Alokasi Waktu : 20 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi : Menggunakan Perkakas Tangan
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
Indikator : Perkakas tangan yang tepat menurut keperluan tugas pekerjaan dapat dipilih.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta diklat dapat memahami peraturan keselamatan kerja
2. Peserta diklat dapat menyebutkan fungsi macam-macam perkakas tangan
II. Materi Ajar :
1. Identifikasi perkakas tangan
2. Fungsi macam-macam perkakas tangan
III. Metode Pembelajaran :
1. Presentasi
2. Demonstrasi
3. Tanya jawab
4. Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, dan
Presensi.
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan materi tentang identifikasi perkakas
tangan dan fungsi macam-macam perkakas tangan.
C. Kegiatan Akhir : Mengerjakan soal-soal latihan (tes).
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - Chart atau papan tulis
- Laptop/Infocus/OHP (kalau ada)
Bahan : Contoh alat-alat perkakas tangan
Sumber Belajar : - Modul atau Buku paket teori dan praktek kerja bangku
- Ketrampilan dasar kerja bangku
VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang harus diselesaikan oleh siswa.
Contoh LEMBARAN SOAL
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
No | Soal | Uraian Jawaban | Skor maks | Skor siswa |
1 | Jelaskan fungsi ragum dan cara memilih ragum yang sesuai dengan tinggi badan kita ! | | 5 | |
2 | Sebutkan macam-macam kikir beserta kegunaannya dan gambarkan bentuknya! | | 5 | |
3 | Sebutkan macam-macam pahat tangan dan kegu-naannya ! | | 5 | |
4 | Sebutkan macam-macam palu dan kegunaannya ? | | 5 | |
5 | Sebutkan macam-macam kunci dan kegunaannya ? | | 5 | |
Jumlah Skor Maksimal | 25 | |
Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. H. Hery Haryadi NIP. 19540214 197902 1 002 | | Purwakarta, Juli 2009 Guru Bidang Diklat Akhirul Refli, S.Pd. NIP. 19700331 200701 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : Kejuruan Pemesinan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke- : 6 – 15
Alokasi Waktu : 40 Jam pelajaran
Standar Kompetensi : Menggunakan Perkakas Tangan
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
Indikator : Perkakas tangan untuk pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi termasuk pekerjaan finishing seperti kekuatan, ukuran atau bentuk dapat digunakan.
I. Tujuan Pembelajaran :
Peserta diklat dapat menggunakan macam-macam perkakas tangan sesuai dengan job sheet yang diberikan.
II. Materi Ajar :
1. Menggunakan Ragum
2. Menggunakan Gergaji tangan
3. Menggunakan Kikir
4. Menggunakan macam-macam Alat Ukur untuk praktek kerja bangku
III. Metode Pembelajaran :
1. Demonstrasi
2. Praktek kerja bangku
3. Tanya jawab
4. Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi
B. Kegiatan Inti : Mendemonstrasikan cara menggunakan perkakas tangan
C. Kegiatan Akhir : Mengerjakan soal-soal latihan dan K3
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Alat : - Chart atau papan tulis
- Macam-macam perkakas tangan yang sesuai
Bahan : - Bahan benda kerja (St.37 □ 25 x 25 x 85 mm)
Sumber Belajar : - Modul atau buku teori dan praktek kerja bangku
- Ketrampilan dasar kerja bangku
- Job sheet/Lembaran Kerja No. 1
VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.
Contoh LEMBARAN SOAL
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
No | Soal | Uraian Jawaban | Skor maks | Skor siswa |
1 | Apa yang harus diperhati- kan dalam penggunaan ragum ? | | 5 | |
2 | Bagaimana posisi badan dan kaki terhadap ragum dalam pengikiran ? | | 5 | |
3 | Bagaimana cara meme-gang dan menekan kikir pada waktu mengikir kasar ? | | 5 | |
4 | Apa yang harus diperhati- kan dalam penggunaan pahat tangan ? | | 5 | |
5 | Apa yang harus kalian lakukan setelah melak-sanakan praktek kerja bangku? | | 5 | |
Jumlah Skor Maksimal | 25 | |
Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. H. Hery Haryadi NIP. 19540214 197902 1 002 | | Purwakarta, Juli 2009 Guru Bidang Diklat Akhirul Refli, S.Pd. NIP. 19700331 200701 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : Kejuruan Pemesinan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 1 - 6
Alokasi Waktu : 24 Jam
Standar Kompetensi : Menggunakan Perkakas Tangan
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
Indikator : Semua syarat keselamatan sebelum, selama dan sesudah penggunaan perkakas dapat diikuti
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta diklat dapat menyebutkan syarat-syarat keselamatan kerja dalam menggunakan perkakas tangan
II. Materi Ajar :
Syarat-syarat keselamatan kerja dalam menggunakan perkakas tangan :
a. Ragum
b. Gergaji tangan
c. Kikir
d. Pahat tangan
e. Alat-alat pelindung anggota badan
f. Palu, obeng, dan macam-macam kunci
g. Mesin gerinda bangku dan mesin bor bangku
III. Metode Pembelajaran :
1. Presentasi
2. Demonstrasi
3. Tanya Jawab
4. Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan materi tentang syarat-syarat keselamatan kerja dalam menggunakan perkakas tangan
C. Kegiatan Akhir : Mengerjakan soal-soal latihan.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - Chart atau papan tulis
- Komputer/infocus/OHP (Jika ada)
Bahan : Benda kerja
Sumber Belajar : - Modul atau Teori dan praktek kerja bangku
- Petunjuk kerja bangku
- Ketrampilan dasar kerja bangku
- Job sheet No. 2
VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.
LEMBARAN SOAL
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : 1. Menggunakan Perkakas Tangan
No | Soal | Uraian Jawaban | Skor maks | Skor siswa |
1 | Apakah yang dimaksud dengan keselamatan kerja ? | | 5 | |
2 | Bagaimana menciptakan keselamatan kerja dalam pekerjaan yang mengguna kan ragum ? | | 5 | |
3 | Hal-hal apakah yang perlu diperhatikan pada saat menggunakan palu ? | | 5 | |
4 | Bagaimana menciptakan keselamatan kerja dalam pekerjaan menggunakan kunci pas ? | | 5 | |
5 | Bagaimana menciptakan keselamatan kerja dalam pekerjaan menggunakan gergaji tangan ? | | 5 | |
Jumlah Skor Maksimal | 25 | |
Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. H. Hery Haryadi NIP. 19540214 197902 1 002 | | Purwakarta, Juli 2009 Guru Bidang Diklat Akhirul Refli, S.Pd. NIP. 19700331 200701 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : Kejuruan Pemesinan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 7 - 12
Alokasi Waktu : 24 Jam
Standar Kompetensi : Menggunakan Perkakas Tangan
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
Indikator : Perkakas yang rusak atau tidak aman diidentifikasi dan diberi tanda untuk diperbaiki menurut prosedur yang ditunjuk sebelum, selama dan setelah penggunaannya
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta diklat dapat mengidentifikasi dan menandai perkakas tangan yang rusak untuk diperbaiki
II. Materi Ajar :
Identifikasi dan menandai perkakas tangan yang rusak untuk diperbaiki
III. Metode Pembelajaran :
1. Presentasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan materi tentang identifikasi dan menandai perkakas tangan yang rusak untuk diperbaiki
C. Kegiatan Akhir : Mengerjakan soal-soal latihan , tes, dan project work
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - Chart
- OHP (Jika ada)
- Komputer / Note Book dan LCD (Jika ada)
Bahan : Alat-alat perkakas tangan yang rusak
Sumber Belajar : - Modul
- Teori dan praktek kejuruan dasar mesin
- Petunjuk kerja bangku
- Ketrampilan dasar kerja bangku
- Job sheet (Terlampir)
VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.
LEMBARAN SOAL
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : 1. Menggunakan Perkakas Tangan
No | Soal | Uraian Jawaban | Skor maks | Skor siswa |
1 | Bagian-bagian mana yang cepat rusak dalam ragum ? | | 5 | |
2 | Bagaimana cara memper- baiki bagian ulir yang rusak dalam ragum ? | | 5 | |
3 | Bagaimana cara menandai dan mengganti tangkai kikir yang pecah ? | | 5 | |
4 | Terbuat dari bahan apa pahat tangan ? | | 5 | |
5 | Apa yang menyebabkan bagian kepala palu terjadi pecah atau serpihan dan bagaimana cara menandai serta memperbaikinya ? | | 5 | |
Jumlah Skor Maksimal | 25 | |
Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. H. Hery Haryadi NIP. 19540214 197902 1 002 | | Purwakarta, Juli 2009 Guru Bidang Diklat Akhirul Refli, S.Pd. NIP. 19700331 200701 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : Kejuruan Pemesinan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 13 – 18 (Minggu efektif)
Alokasi Waktu : 24 Jam
Standar Kompetensi : Menggunakan Perkakas Tangan
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
Indikator : Perawatan berkala terhadap perkakas, termasuk mengasah dengan tangan menurut prosedur operasi, cara dan teknik standar dapat dilaksanakan
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta diklat dapat mengerjakan perawatan berkala perkakas tangan
2. Peserta diklat dapat mengasah perkakas tangan
II. Materi Ajar :
1. Perawatan berkala perkakas tangan
2. Mengasah perkakas tangan
III. Metode Pembelajaran :
1. Presentasi dan demonstrasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan materi tentang perawatan berkala perkakas tangan dan mengasah perkakas tangan
C. Kegiatan Akhir : Mengerjakan soal-soal latihan , tes, dan project work
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Alat : - Chart
- OHP (Jika ada)
- Komputer / Note Book dan LCD (Jika ada)
- Job Sheet
Bahan : Pahat tangan, Mata bor, Pahat bubut
Sumber Belajar : - Modul
- Teori dan praktek kejuruan dasar mesin
- Petunjuk kerja bangku
- Ketrampilan dasar kerja bangku
- Job sheet (Terlampir)
VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.
LEMBARAN SOAL
Nama : ......................................
Kelas : ......................................
Kompetensi Dasar : 1. Menggunakan Perkakas Tangan
No | Soal | Uraian Jawaban | Skor maks | Skor siswa |
1 | Apakah tujuan utama perawatan berkala perkakas tangan ? | | 5 | |
2 | Hal-hal apakah yang harus diperhatikan dalam perawatan kikir ? | | 5 | |
3 | Bagaimana cara perawatan palu ? | | 5 | |
4 | Bagaimana cara mengganti tangkai palu yang patah? | | 5 | |
5 | Bagaimana cara perawatan gergaji tangan ? | | 5 | |
Jumlah Skor Maksimal | 25 | |
Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. H. Hery Haryadi NIP. 19540214 197902 1 002 | | Purwakarta, Juli 2009 Guru Bidang Diklat Akhirul Refli, S.Pd. NIP. 19700331 200701 1 004 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Mata Pelajaran : Kejuruan Pemesinan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : 19
Alokasi Waktu : 8 Jam
Standar Kompetensi : Menggunakan Perkakas Tangan
Kompetensi Dasar : Menggunakan Perkakas Tangan
Indikator : Perkakas tangan dapat disimpan dengan aman ditempat yang tepat menurut prosedur operasi standar dan menurut rekomendasi pabrik pembuat
I. Tujuan Pembelajaran : Peserta diklat dapat mengerjakan penyimpanan perkakas tangan
II. Materi Ajar : 1. Cara menyimpan perkakas tangan
2. Administrasi penyimpanan perkakas tangan
III. Metode Pembelajaran : 1. Presentasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : Menyiapkan siswa, berdoa, pemberian salam, presensi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan materi tentang cara menyimpan perkakas tangan dan administrasi penyimpanan perkakas tangan
C. Kegiatan Akhir : Mengerjakan soal-soal latihan , tes
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - Chart
- OHP
- Komputer / Note Book dan LCD (Jika ada)
Bahan : - alat-alat perkakas tangan
Sumber Belajar : - Modul
- Teori dan praktek kejuruan dasar mesin
- Petunjuk kerja bangku
- Ketrampilan dasar kerja bangku
VI. Penilaian :
Pada akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan oleh siswa.
Contoh lembaran soal dan penilaian
Lembaran soal
Nama :......................................
Kelas :......................................
Kompetensi Dasar : 1. Menggunakan Perkakas Tangan
No | Soal | Uraian Jawaban | Skor maks | Skor siswa |
1 | Bagaimana cara penyim panan alat perkakas tangan yang baik ? | | 5 | |
2 | Apakah fungsi toolman ? | | 5 | |
3 | Bagaimana cara menyim pan tap dan snei yang baik ? | | 5 | |
4 | Bagaimana cara menem patkan atau menyimpan alat perkakas tangan yang rusak ? | | 5 | |
5 | Apakah siswa perlu diper bantukan bergiliran seba gai toolman ? | | 5 | |
Jumlah Skor Maksimal | 25 | |
Nilai Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah skor maksimal
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. H. Hery Haryadi NIP. 19540214 197902 1 002 | | Purwakarta, Juli 2009 Guru Bidang Diklat Akhirul Refli, S.Pd. NIP. 19700331 200701 1 004 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar